Harga / Tarif kost di Bandung

Tarif kamar kost di Bandung sangat beragam. Tentu hal ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain:
1. Jarak tempat kost ke kampus, ke perkantoran atau ke pusat kota
2. Kondisi rumah kost
3. Fasilitas yang disediakan
4. Lama masa kontrak sewa
5. Zona lokasi rumah kost

1. Jarak tempat kost
Yang dimaksud jarak tempat kost, tentu untuk ukuran kota bukan lagi jarak kilometer melainkan jarak waktu tempuh naik kendaraan bermotor dari tempat kost kekampus atau ke perkantoran atau ke pusat kota. Semakin dekat jarak tersebut, tarifnya akan semakin mahal.
Umumnya dikatakan dekat, waktu tempuh sampai dengan 15 menit.
Jarak Sedang, dengan waktu tempuh antara > 15 menit sampai dengan 30 menit,
Jarak Jauh, memiliki waktu tempuh > 30 menit.

2. Kondisi rumah / kamar kost
Kondisi rumah kost adalah kondisi bangunan dari rumah kost,apakah gedung mewah, bangunan permanen, semi permanen atau rumah panggung. Semakin bagus kondisi bangunannya, tarif akan semakin mahal.

3. Fasilitas rumah/kamar kost
Kamar kost yang memiliki kamar mandi sendiri di dalam akan lebih mahal tarifnya dibandingkan kamar kost yang kamar mandinya dipakai bersama kamar lain.
Demikian juga ketersediaan fasilitas kamar seperti tempat tidur, lemari dan meja akan lebih mahal daripada kamar kosongan tanpa isi. Itu pun tergantung juga kualitas dari fasilitas itu sendiri.

4. Masa sewa atau kontrak
Ada kamar kost yang disewakan bulanan, umumnya (bila dikalkulaisikan untuk 1 tahun) lebih mahal daripada yang sistem kontrak tahunan.
Misalnya kamar yang bila dikontrak satu tahun Rp3.500.000,- bila disewa bulanan bisa menjadi Rp 400.000,- perbulan, bahkan lebih. (Jumlah satu tahun = 12xRp 400.000,- = Rp 4.800.000,-)

5. Zona lokasi kost
Bandung secara garis besar dibagi 2 bagian yaitu Bandung Utara dan Bandung Selatan.
Secara umum bila faktor lainnya dianggap sama, tarif kost di kawasan Bandung Utara relatif lebih mahal dibanding di Bandung Selatan.  Hal ini mungkin karena kesan bahwa kawasan Bandung Utara lebih elit, dengan udara yang lebih sejuk. Sementara wilayah Selatan cenderung menjadi kawasan industri yang reltif lebih panas.

Kisaran Harga (terakhir sampai dengan tahun 2012)
Kisaran harga untuk bulanan antara Rp 400.000,- sampai dengan Rp 2.000.000,- perbulan
Kisaran harga untuk sistem kontrak tahunan antara Rp 3.500.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,- dengan catatan bahwa kost mewah jarang yang tahunan.

No comments:

Post a Comment