Asal Mula Kota Bandung

Bandung memang kota bersejarah, baik secara politis, sosial budaya maupun sejarah geografis.
Kota Bandung terletak pada sebuah cekungan/basin/ledok yang berada pada dataran tinggi Bandung. Konon nama Bandung berasal dari kata "bandungan" atau "bendungan". Mengapa?
Berdasarkan penelitian geologis, di sebelah Utara Bandung terdapat gunung purba yaitu gunung Sunda [di mana gunung Tangkuban Perahu sekarang adalah anak dari gunung Sunda tersebut]. Pada saat gunung purba tersebut meletus, aliran lahar dan material vulkanik lainnya mengalir ke arah Barat dari cekungan Bandung [Daerah Cimahi dan sekitarnya sekarang]. Akibatnya sungai Citarum yang ada di cekungan Bandung, tertutup salurannya oleh material tersebut, maka terbendunglah cekungan itu. Tersebutlah daerah cekungan itu menjadi sebuah Danau Bandung, artinya danau yang terbendung.
Setelah ribuan tahun setelah itu, Danau Bandung kering kembali, mengapa?
Fakta menunjukkan bahwa daerah hilir dari Danau Bandung terdapat daerah yang tanahnya mengandung kapur yaitu daerah Padalarang/Cipatat sekarang. Kapur adalah material batuan yang mudah larut dalam air, sehingga lambat laut air danau akan merembes dan melarutkan batuan kapur tersebut. "Sangiang Tikoro"di daerah bendungan Saguling sekarang, disimpulkan sebagai lobang bawah tanah tempat bocornya Danau Bandung.
Fakta lain, permukaan tanah kota Bandung (sekarang) merupakan lapisan tanah endapan yang memiliki sifat subur dan labil. Buktinya tanah di kota Bandung sangat subur, dan di kota Bandung tidak memungkinkan dibangunnya gedung pencakar langit seperti kota besar lainnya,kecuali ditemukan teknik bangunan yang bisa mengatasi kelabilan tanahnya atau dengan struktur pondasi yang tembus ke lapisan tanah dasar aslinya.

Ditunggu komentarnya untuk perbaikan.

No comments:

Post a Comment